Searching...

Popular Posts

Rabu, 18 September 2013

MENINGKATKAN KETERAMPILAN SISWA KELAS IV SD DALAM MELAKUKAN OPERASI PERKALIAN BILANGAN CACAH DI BAWAH 100.000 MELALUI ALAT BANTU KARTU BILANGAN

09.25
Penelitian ini berjudul “Meningkatkan Keterampilan Siswa Kelas IV SD Negeri Wonoroto Dalam Melakukan Operasi Perkalian Bilangan Cacah di Bawah 100.000 Melalui Alat Bantu Kartu Bilangan”.
Pemilihan judul ini atas dasar alasan bahwa keterampilan siswa dalam belajar matematika khususnya perkalian masih minim. Hal ini diselesaikan oleh rendahnya kesadaran orang tua dalam memotivasi
anaknya untuk belajar.

Tujuan penelitian tindakan kelas ini secara umum adalah menciptakan pembelajaran aktif dengan memahami konsep dasar matematika yang ditandai adanya interaksi antara guru dan murid. Secara khusus bertujuan untuk meningkatkan keterampilan siswa kelas IV SD Negeri Wonoroto dalam melakukan operasi perkalian
bilangan cacah di bawah 100.000 melalui alat bantu kartu. Setiap siklus dilaksanakan 2 kali pertemuan.

Tahapan dalam siklus yaitu : perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Hasil yang diperoleh setelah dilaksanakan penelitian ini adalah sebagai berikut :

Siklus I siswa yang tuntas belajar 19 siswa, yang tidak tuntas 6 siswa dengan hasil nilai rata-rata 8,06 prosentase 70,6 %. Siklus II siswa yang tuntas 21 siswa yang tidak tuntas 4 siswa, nilai rata-rata ulangan
8,56 dengan prosentase 85,6%. Hasil tes sumatif penelitian tindakan kelas diperoleh siswa yang
tuntas belajar 20 siswa yang tidak tuntas 5 siswa dengan nilai ratarata dengan 8,56 dengan prosentase 85,6%.

Simpulan penelitian tindakan kelas ini adalah dengan melalui penggunaan alat bantu kartu bilangan, ketrampilan siswa kelas IV SD Negeri Wonoroto dalam melaksanakan operasi perkalian bilangan cacah di bawah 100.000 dapat ditingkatkan.

Download pdf

0 komentar:

Posting Komentar