Tujuan mata pelajaran seni budaya khususnya seni musik adalah mengembangkan aspek kreasi dan apresiasi seni. Dalam aspek kreasi banyak kendala yang dihadapi karena berkreasi atau menciptakan komposisi yang baru dibutuhkan pengetahuan yang luas mengenai dasar-dasar seni musik. Di sisi lain dasar-dasar seni musik di SMP sangatlah kurang untuk diterapkan pada siswa – siswi SMP karena keterbatasan waktu untuk mata pelajaran tersebut. Berawal dari hal tersebut perlu dicari metode yang menarik siswa agar proses pembelajaran seni musik menyenangkan, memberikan manfaat khususnya dalam rangka peningkatan kreativitas. Kreativitas adalah sesuatu yang sangat penting bagi siswa dalam mengarungi kehidupan pada masa yang akan datang. Maka permasalahan yang muncul yaitu “ bagaimana model permainan cipta lagu pada pembelajaran seni budaya untuk meningkatkan kreativitas siswa di SMP Nasima Semarang”.
Penelitian yang dilakukan di SMP Nasima Semarang bertujuan untuk mengidentifikasi dan menjelaskan bagaimana model permainan cipta lagu pada pembelajaran seni budaya untuk meningkatkan kreativitas siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas menggunakan pendekatan kualitatif diskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi langsung, test perbuatan dan test tertulis serta pengamatan langsung selama kegiatan dilaksanakan. Setelah itu data dikumpulkan, diklarifikasi, direduksi, dan teknik keabsahan data melalui triangulasi sumber, metode dan data.
Hasil penelitian dari perjalanan siklus 1 sampai siklus yang ke 3 terjadi peningkatan kreativitas, motivasi belajar dan suasana pembelajaran yang menarik dan kondusif. Bukti dari bentuk kreativitas adalah dihasilkanya sebuah karya dari kelas yang mendapat metode pembelajaran tersebut. Dalam metode pembelajaran permainan seperti ini perlu dukungan alat musik untuk memudahkan mencari lagu
khususnya dalam harmonisasi.
Saran yang ingin penulis sampaikan melalui penelitian ini adalah perlunya penularan informasi model pembelajaran cipta lagu ini ke sekolah lain. Karya – karya yang sudah terkumpul dari ide siswa hendaknya dijadikan dokumentasi atau dibuatkan album khusus karya siswa, agar motivasi belajar terhadap pelajaran seni budaya semakin tumbuh dan karya mereka dapat menjadi sumbangan kreativitas bagi lembaga pendidikan.
Download pdf
Popular Posts
-
In this recent time, many interesting news show up both political and social phenomenon. That news is served with an interesting language ...
-
Dalam mata pelajaran secara keseluruhan di SD tempat peneliti bekerja, pelajaran matematika merupakan pelajaran yang nilai rata-rata kela...
-
Syntax is a branch of linguistics that studies the rules, or “patterns relations” that govern the way words combined to form phrases and p...
-
Tujuan mata pelajaran seni budaya khususnya seni musik adalah mengembangkan aspek kreasi dan apresiasi seni. Dalam aspek kreasi banyak kenda...
-
Literature is the expression of human personal life in the form of experience, thought, feeling, idea, enthusiasm, conviction in a concret...
-
Language is used to interact with others in daily life. Language is also used to create literary works. Literary works as one of arts ha...
-
The objectives of the research are: (1) to know whether the mindmapping technique is more effective than the modeling technique in teachin...
-
Genre is the way how people interact with others in which they are influenced by culture, ideology, purposes, social and setting. Hence, thi...
-
Currently, the information spreads rapidly because of the globalization. Therefore learning English as a foreign language becomes popular ...
-
Literature is one of the most exiting parts in the study of language. By reading literature, we are able to attain advantages. That is we ...
Rabu, 18 September 2013
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
0 komentar:
Posting Komentar