Dalam mata pelajaran secara keseluruhan di SD tempat peneliti bekerja,
pelajaran matematika merupakan pelajaran yang nilai rata-rata kelasnya paling rendah. Dari tahun ke tahun nilai rata-ratanya hanya pada kisaran 5,4 sampai 5,7. Oleh karena itu, peningkatan mutu pun masih terfokus pada upaya peningkatan prestasi pada mata pelajaran matematika.
Permasalahan yang muncul apakah dengan Pembelajaran Tutor Sebaya dalam kelompok-kelompok belajar dapat meningkatkan prestasi belajar siswa SD Negeri Gumalar 01 kelas VI dalam pokok bahasan menentukan KPK dan FPB.
Tujuan yang dirumuskan dalam penelitian ini adalah meningkatkan prestasi belajar siswa kelas VI SD Negeri Gumalar 01 Adiwerna dalam pokok bahasan
menentukan KPK dan FPB melalui pembelajaran tutor sebaya dalam kelompokkelompok
belajar.
Hasil dari penelitian ini dirancang dengan melalui 3 siklus yakni siklus I, siklus II, dan siklus III. Dari siklus I sampai siklus III melibatkan beberapa komponen, antara lain peneliti itu sendiri, pengamat siswa, dan unsur lain yang terlibat dalam penelitian tersebut.
Pelaksanaan siklus itu sendiri terdiri dari beberapa tahap, seperti siklus I tahap yang dilalui adalah tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan tahap refleksi. Demikian juga untuk siklus II, dan siklus III.
Simpulan yang dapat diambil adalah bahwa dengan menggunakan Pembelajaran Tutor Sebaya dalam kelompok-kelompok belajar ternyata dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada pokok bahasan menentukan KPK dan FPB di SD Negeri Gumalar 01 Kecamatan Adiwerna, Kabupaten Tegal tahun pelajaran 2005/2006.
Saran yang dapat disampaikan penulis, sebaiknya dalam meningkatkan prestasi belajar matematika pada pokok bahasan menentukan KPK dan FPB untuk siswa kelas VI dapat digunakan model pembelajaran tutor sebaya dalam kelompok-kelompok belajar.
Download pdf
Popular Posts
-
Dalam mata pelajaran secara keseluruhan di SD tempat peneliti bekerja, pelajaran matematika merupakan pelajaran yang nilai rata-rata kela...
-
In this recent time, many interesting news show up both political and social phenomenon. That news is served with an interesting language ...
-
Literature is one of the most exiting parts in the study of language. By reading literature, we are able to attain advantages. That is we ...
-
Genre is the way how people interact with others in which they are influenced by culture, ideology, purposes, social and setting. Hence, thi...
-
Syntax is a branch of linguistics that studies the rules, or “patterns relations” that govern the way words combined to form phrases and p...
-
Literature is the expression of human personal life in the form of experience, thought, feeling, idea, enthusiasm, conviction in a concret...
-
Penelitian ini berjudul “Meningkatkan Keterampilan Siswa Kelas IV SD Negeri Wonoroto Dalam Melakukan Operasi Perkalian Bilangan Cacah di B...
-
Tujuan mata pelajaran seni budaya khususnya seni musik adalah mengembangkan aspek kreasi dan apresiasi seni. Dalam aspek kreasi banyak kenda...
-
In this study, the researcher focuses on the taboo words and euphemistic expressions of the player of Ali G film. This study is also focus...
-
The result of pre-research observation finds some field problems in teaching and learning process of speaking English as follows: (1) Stud...
Rabu, 18 September 2013
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
apaan nihhh????
BalasHapus