Searching...

Popular Posts

Rabu, 18 September 2013

MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VI SD DALAM MENENTUKAN KPK DAN FPB MELALUI PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA DALAM KELOMPOK– KELOMPOK BELAJAR

09.29
Dalam mata pelajaran secara keseluruhan di SD tempat peneliti bekerja,
pelajaran matematika merupakan pelajaran yang nilai rata-rata kelasnya paling rendah. Dari tahun ke tahun nilai rata-ratanya hanya pada kisaran 5,4 sampai 5,7. Oleh karena itu, peningkatan mutu pun masih terfokus pada upaya peningkatan prestasi pada mata pelajaran matematika.
Permasalahan yang muncul apakah dengan Pembelajaran Tutor Sebaya dalam kelompok-kelompok belajar dapat meningkatkan prestasi belajar siswa SD Negeri Gumalar 01 kelas VI dalam pokok bahasan menentukan KPK dan FPB.
Tujuan yang dirumuskan dalam penelitian ini adalah meningkatkan prestasi belajar siswa kelas VI SD Negeri Gumalar 01 Adiwerna dalam pokok bahasan
menentukan KPK dan FPB melalui pembelajaran tutor sebaya dalam kelompokkelompok
belajar.
Hasil dari penelitian ini dirancang dengan melalui 3 siklus yakni siklus I, siklus II, dan siklus III. Dari siklus I sampai siklus III melibatkan beberapa komponen, antara lain peneliti itu sendiri, pengamat siswa, dan unsur lain yang terlibat dalam penelitian tersebut.
Pelaksanaan siklus itu sendiri terdiri dari beberapa tahap, seperti siklus I tahap yang dilalui adalah tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan tahap refleksi. Demikian juga untuk siklus II, dan siklus III.
Simpulan yang dapat diambil adalah bahwa dengan menggunakan Pembelajaran Tutor Sebaya dalam kelompok-kelompok belajar ternyata dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada pokok bahasan menentukan KPK dan FPB di SD Negeri Gumalar 01 Kecamatan Adiwerna, Kabupaten Tegal tahun pelajaran 2005/2006.
Saran yang dapat disampaikan penulis, sebaiknya dalam meningkatkan prestasi belajar matematika pada pokok bahasan menentukan KPK dan FPB untuk siswa kelas VI dapat digunakan model pembelajaran tutor sebaya dalam kelompok-kelompok belajar.

Download pdf

1 komentar: